CARA PENOMORAN, DAFTAR ISI, DAN DAFTAR PUSTAKA

Cara Penomoran yang Berbeda, Membuat Daftar Isi, dan Daftar Pustaka 


Cara Penomoran 

1. Ketiklah sebuah naskah atau tulisan sesuka Anda. Pada tutorial kali ini kita cukup menggunakan 2 halaman saja, dengan ketentuan nomor halaman pada halaman pertama diletakkan di bagian bawah halaman dan halaman kedua terletak di bagian sudut kanan atas halaman.

2. Letakkan kursor pada halaman pertama, klik Tab Insert kemudian Page Number selanjutnya pilih Bottom of Page, kemudian klik Plain Number 2 (Nomor halaman terletak di tengah-tengah dan bagian bawah halaman).




3. Sesuaikan format nomor halaman, melalui tab Design dengan memilih Page Number dan Format Page Numbers.

4. Jika format nomor halaman telah sesuai, abaikan langkah nomor 3. Selanjutnya klik Close Header and Footer pada tab Design.



5. Sekarang letakkan kursor pada awal halaman kedua, selanjutnya klik Tab Page Layout kemudian Breaks, selanjutnya klik Next Page.



6. Klik dua kali pada nomor halaman di halaman kedua.


7. Nonaktifkan Link to Previous.

8. Hapus nomor halaman pada halaman ke dua.

9. Sekarang kita akan mengatur letak nomor halaman pada halaman kedua. Pada Tab Design pilih Page Number selanjutnya pilih Top of Page, kemudian klik Plain Number 3 (Nomor halaman terletak di sudut kanan atas halaman).

10. Pada halaman kedua, nonaktifkan Link to Previous.

11. Atur pengaturan nomor halaman di tab Design kemudian Page Number, lalu klik Format Page Numbers.

12. Pada kotak Page Number Format centang Start at kemudian ketik angka 2, karena halaman 2 kita mulai dengan nomor 2. Selanjutnya klik OK.

13. Sekarang blok nomor halaman yang terletak di sudut kanan atas pada halaman pertama kemudian hapus nomor halaman tersebut.
14. Terakhir klik Close Header and Footer dan lihatlah hasilnya.

Sekarang nomor halaman pada halaman pertama terletak di bagian bawah halaman dan pada halaman kedua terletak pada sudut kanan atas halaman

Cara Membuat Daftar Isi

  1. Buka Microsoft Word
  2. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat struktur halaman yang terdiri dari:
    1. COVER (i), [Heading 1 / BEBAS BISA DISESUAIKAN]
    2. Kata Pengantar (ii), [Heading 1]
    3. Daftar Isi (iii), [Heading 1]
    4. BAB I (1), [Heading 1]
    5. Judul BAB I (1), [Heading 2]
    6. Sub Judul BAB I (2), [Heading 2]
    7. BAB II (3), [Heading 1]
    8. Judul BAB II (3), [Heading 2]
    9. Sub Judul BAB II (3), [Heading 2]
      Kamu tidak perlu repot saya sudah buat sampel file microsoft Word-nya yang bisa kamu download disini.
      Keterangan :
      • Tanda kurung di atas adalah nomor halaman yang akan kita buat di Microsoft Word. Umumnya skripsi strukturnya seperti diatas, selebihnya nanti tinggal ditambah saja.
      • Fungsi tanda kurung kotak di atas adalah style yang berfungsi untuk membuat referensi halaman otomatis ketika nomor halaman yang dituju di klik di daftar isi.
  3. Struktur diatas hanya contoh, selanjutnya untuk BAB III dan BAB IV dan seterusnya silahkan kalian tinggal tambahkan sendiri, jangan lupa ganti judul, sub judul, dan letak nomor halamannya. Jika skripsinya sudah kalian ketik, tinggal copy paste saja ke masing-masing struktur halaman diatas sesuai tempatnya. Praktis bukan?
  4. Kemudian jika sudah semua, masuk ke bagian Daftar Isi. Arahkan mouse dan klik pada area daftar isi, pilih Update Table.
    01a
  5. Maka akan muncul jendela Update Table of Contents, pilih Update entire table. Maka otomatis semua struktur halaman, dari Cover, BAB sampai halaman-halamannya akan terupdate di Daftar Isi sesuai nomor halamannya.
    02
  6. Selesai. Beres, skripsi kamu sekarang cukup dengan satu file Word. Jika ada penambahan dan pengurangan halaman, kamu cukup ulangi langkah nomor 5, secara otomatis nomor halaman ikut terupdate. Kerennya lagi, untuk menuju ke halaman yang dituju kamu cukup ke daftar isi, lalu tahan di keyboard tombol Ctrl + klik kiri mouse pada nomor halamannya. TARAAA! kamu langsung ke halaman yang di klik tadi.

Bagaimana membuat Style Heading di Word?

  1. Seleksi atau blok Judul BAB atau Sub Judul di dalam BAB yang ingin kamu buat style heading-nya.
    04
  2. Pada Tab Home, pilih Heading 1.
    05
  3. Selesai.

Bagaimana mengganti ukuran Font dan warna di Style Heading yang sudah ada?

  1. Seleksi atau blok Judul BAB atau Sub Judul di dalam BAB yang ingin kamu ganti ukuran font dan warna style heading-nya.
    04
  2. Pada Tab Home, dibagian Styles, pilih icon panah kebawah seperti gambar dibawah ini.
    06
  3. Pilih Create a Style07
  4. Beri nama misalnya Style BAB, lalu klik Modify08
  5. Silahkan kamu ganti semua sesuai nama font, ukuran font dan warna yang kamu inginkan kalau sudah klik OK.
    09
  6. Nanti kamu akan melihat template Style BAB yang baru saja dibuat di gallery style. Silahkan kamu tinggal menerapkannya saja di BAB yang lainnya.
    10
  7. Selesai


Cara Membuat Daftar Pustaka 
    • Klik Tab Menu References, dan klik Insert Citation kemudian pilih dan klik  Add New Source;
      Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka pada Ms Word 2016
    • Setelah jendela Create Source terbuka maka isilah sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya saja daftar pustaka anda berasal dari sebuah buku maka pilih "book" pada menu seleksi Type of Source dan lanjutkan mengisi data sesui dengan KDT (Katalog Dalam Terbitan) seperti tabel dibawah ini:

      Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka pada Ms Word 2016

      Author
      Diisi nama pengarang
      Title
      Diisi judul buku
      Year
      Diisi tahun terbit buku
      City
      Diisi kota terbit buku
      Publisher
      Diisi nama penerbit
    • Jika sudah selesai klik OK untuk mengakhiri, dan secara otomatis akan muncul didalam karya ilmiah anda.
  1. Asumsi kedua: Anda sudah memiliki source daftar pustaka sebelumnya
    Jika anda sudah memiliki source sebelumnya dan ingin menggunakan kembali pada sebuah karya ilmiah, caranya cukup sederhana:
    • Klik tab menu References, kemudian klik Manage Sources;
    • Setelah tampil Source Manager, pilih daftar pustaka yang ingin anda gunakan pada bilah Master List, kemudian klik Copy-> maka akan tersusun pada bilah Current List sebelah kanan dan lakukan langkah ini sesuai dengan kebutuhan anda;

      Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka pada Ms Word 2016
  2. Setelah selesai melakukan langkah 1 dan 2, maka lanjutkan ke akhir halaman dimana tempat akan membuat daftar pustaka dan tempatkan kursor disana;
  3. Masih pada menu References, pilih dan klik Bibliography, maka secara otomatis semua citation yang anda gunakan pada karya ilmiah akan tercetak secara urut berdasarkan abjad;

    Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka pada Ms Word 2016
  4. Jika anda menambahkan Citation baru, anda hanya perlu klik daftar pustaka yang sudah anda buat sebagaimana langkah 4, kemudian klik Update Citation and Bibliography.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMUS GABUNGAN IF LEFT MID RIGHT VLOOKUP HLOOKUP

RUMUS LEFT,MID,RIGHT EXCEL